Blogger news

Home » » KELOMPOK WANITA TANI SRIKANDHI, MANFAATKAN LAHAN KOSONG

KELOMPOK WANITA TANI SRIKANDHI, MANFAATKAN LAHAN KOSONG

Written By Unknown on Senin, 06 April 2015 | 05.01


     
      Kelompok wanita tani (KWT)  Srikandhi di Desa sambongrejo ini pada awalnya hanya bergerak di bidang simpan pinjam. Dengan bermodalkan Rp. 9.600.000,00  dengan jumlah anggota 70 orang sekarang  usahanya makin berkembang. Ketua KWT Srikandhi, Yumnar dengan idenya mengajak anggota kelompok mereka untuk menanam berbagai jenis sayur – sayuran dan tanaman empon – empon  dalam Polybag  dilahan kosong yang ada di dusun Sukun, Desa Sambongrejo ini. Dengan lahan berukuran 25 meter persegi ini mereka menanam Terong, Tomat, Sawi, Cabe, Kapri, Buncis, Jahe Merah, dan tanaman empon – empon lainnya.di lahan ini memuat 414 Polybag.
       Mereka mulai menanam pada tgl 16 Febuari 2015 yang lalu. Ketua KWT Srikandhi ini berkata bahwa bibit mereka beli dengan dana pribadi diatas namakan kelompok. Setiap hari ada piket yang berjumlah 5 orang, mereka secara bergantian merawat tanaman ini. Proses penanaman sendiri mereka di bina oleh Sarijo dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Rencananya mereka juga akan membuat rumah pupuk Bokashi.  Dari PPl sendiri mengadakan pembinaan rutin tanggal 10 dan 25 tiap bulannya.

       Tanggal 25 Maret yang lalu dari Dihutbun Kabupaten Bojonegoro melakukan pembinaan tentang penanaman jahe merah. Acara ini juga di hadiri oleh Kades dan Camat setempat. Yumnar juga berharap kedepannya usaha mereka ini tidak hanya untuk konsumtif saja tapi bisa sebagai  usaha produktif yang mana dapat meningkatkan kesejahteraan warga Dusun Sukun, Desa Sambongrejo ini. Dan dia juga berharap pemerintah setempat bisa mendukung mereka baik dari segi perhatian maupun dari segi modal.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger