Blogger news

Home » , , » PRODUKSI PANEN JAGUNG PETANI MENINGKAT, HARGA TURUN

PRODUKSI PANEN JAGUNG PETANI MENINGKAT, HARGA TURUN

Written By Unknown on Rabu, 18 Maret 2015 | 07.06

Potensi jagung di Desa Sambong rejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro khususnya di lahan hutan cukup menjanjikan, sehingga bisa menambah luas areal tanam jagung sekaligus mampu meningkatkan produktifitas panen jagung. Petani di wilayah Desa Sambongrejo kini mulai panen jagung dan hasil panen tahun ini lebih baik di banding tahun lalu. Namun sangat disayangkan kenaikan hasil produksi panen jagung tidak selaras dengan harganya. Harga jagung hasil panen sekarang lebih rendah dari harga jagung tahun sebelumnya. Sekarang jagung basah harganya sekitar Rp. 1.700,00  sementara tahun kemarin harga jagung basah mencapai Rp. 2.000,00 hingga Rp 2.200,00. Harga jagung mulai merosot ketika petani mulai panen.
         Sri( 31 tahun)petani asal Desa Sambongrejo, ketika ditemui Tim KIM Bumi Asri pada hari Selasa 17 Maret 2015 kemarin mengatakan bahwa turunnya harga jagung berdampak pada pendapatan keluarganya. Hasil yang ada cuma cukup untuk menutupi hutang – hutangnya di toko. Harapannya harga jagung bisa seimbang dengan harga pupuk dan benih jagung yang semakin mahal.

                Nyaenah (43 Thn) salah seorang pedagang jagung ketika ditemui secara tepisah mengatakan harga jagung yang rendah berdampak petani yang hutang padanya tidak bisa membayar lunas hutang mereka hingga modalnya menjadi macet. Dia juga menuturkan “ Saya sih tidak apa – apa  mbak kalau harga jagung turun, mau bagaimana lagi. Tapi ya itu tadi modal saya ngak bisa mutar, paling ya harus sabar nunggu  sampai panenan berikutnya. Kepinginnya saya sih harga bisa naik. Jd petani ya senang saya juga ikut senang karena secara otomatis keuntungan saya kan bisa nambah mbak.” Dia juga mengatakan biasanya kalau hasil panen sedikit harga tinggi, sebaliknya hasil panen melimpah harga jagung pun rendah.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger